Kamis, 02 November 2023

GADIS KRETEK...Bukan sekedar rokok

Bayangkan pemeran seperti ini dalam 1 film: Dian sastro, Ario Bayu, Arya Saloka, Putri Marino, Ibnu Jamil, Sheila Dara, Tissa Biani, Nungki Kusumastuti, Ine Febriyanti, Rukman Rosadi, Tutie Kirana, Winky Wirawan, Dimas Aditya, sampa Verdy Soelaiman,

Super star semua, dan yang bikin enak adalah film ini dalam bentuk 5 episode, sehingga cerita bisa lebih menyeluruh, dan pemeran-pemeran di atas bisa memberikan peforma yang maksimal tanpa saling tumpang tindih.

Gadis Kretek terinspirasi dari Novel dengan judul yang sama karangan Ratih Kumala, bercerita tentang Soeraja (Ario) seorang pebisnis rokok sukses yang sudah tua dan sakit-sakitan, ingin bertemu dengan pujaan hatinya Dasiyah (Dian), putri pertama dari Pak Idroes (Rukman) yang sangat ahli dalam meracik saus rokok kretek. Film ini terdiri dari dua zaman yang saling mengisi di tiap episode, dimana era modern dan era awal-awal kemerdekaan Indonesia.

LUAR BIASAAA, sineas Indonesia emang sudah selayaknya kita hargai dari hasil karyanya, film yang kereeen banget dan banyak jempol untuk Gadis Kretek, sebuah film drama yang berisi tentang budaya jawa, perjalanan rokok kretek di Indonesia, politik tahun 65, dan kisah cinta antara Soeraja dengan Dasiyah yang menarik untuk disaksikan sampai dengan habis. Tanpa menye-menye, namun bisa membuat kita terharu dan meneteskan air mata bak sehabis menonton film drakor.



Jempol banyak juga layak diberikan kepada sutradara duet pasangan suami istri Kamila Andiri dan Ifa Isfansyah. Bisa mengatur ritme dengan baik, dan membuat semua pemeran begitu menonjol sesuai porsi masing-masing peran. Semua berperan dengan baik, tapi kalaupun diharuskan memilih salah satu, Dian Sastro lah juaranya.... gestur dan muka tanpa senyumnya sepanjang film mendeskripsikan siapa itu Jeng Yah, wanita kuat yang dihormati namun rapuh dan terpenjara hati selama hidupnya.

Gak ngerti mau bicara apalagi, ini film yang wajib ditonton di weekend ini...dan kalian pasti akan merasakan manisnya setiap hisapan rokok buatan Jeng Yah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar