Selasa, 31 Desember 2019

Top Gun (1986)

Bayangkan kita di tahun 80'an dan menonton film Top Gun besutan Tony Scott ini, pasti keluar bioskop langsung bercita-cita ingin menjadi pilot pesawat tempur.

Saya sendiri berkesempatan menonton film ini melalui aplikasi streaming Netflix, film yang bercerita tentang sepasang pilot F14 yang berkesempatan untuk belajar terbang di tempat terbaik dan diberi nama Top Gun.

Pete "Maverick" Mitchell (Tom Cruise) dan Nick "Goose" Bradshaw (Anthony Edwards) berkesempatan memasuki akademi Top Gun berdasarkan rekomendasi atasannya, setelah rekan satu teamnya mengundurkan diri.

Maverick adalah sosok "bad boy" dimana dia mengencani instrukturnya yang bernama Charlotte "Charlie" Backwood (Kelly McGillis) dan seperti dipaksakan mempunyai musuh yang sebenarnya rekan dalam satu akademi Top Gun yaitu Tom "Ice Man" Kazanski (Val Kilmer). Saya bilang dipaksakan, dikarenakan Maverick dan Ice Man tidak diceritakan kenal sebelumnya namun sudah diceritakan bersaing.


Terlalu banyak adegan aksi pesawat tempur, dan hampir setengah perjalanan film tidak jelas menceritakan apa, chemistry antara Maverick dan Charlie yang terlalu diburu-buru jatuh cinta pun tidak menolong film ini menjadi film yang romantis.

Alih-alih mereka harus bersatu berperang hanya dengan datangnya MIG-28 yang entah apa maksudnya tiba-tiba tanpa alasan yang jelas berada di angkasa tanpa pemberitahuan, membuat film ini memaksakan Maverick dan Ice Man berdamai dan menjadikan mereka pahlawan.

Semoga Top Gun: Maverick yang rilis di tahun 2020 akan memperbaiki banyak kekurangan di Top Gun, karena sudah 34 tahun berlalu, dan perkembangan teknologi di bidang perfilman serta menariknya trailer yang disajikan plus momen nostalgia bagi para fans Top Gun membuat Top Gun: Maverick sangat ditunggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar